BLOGGER TEMPLATES AND Friendster Layouts »

Senin, 22 November 2010

Learn Programming, Learn Programming Language

Abstracted from:

1. Roadmap Pengajaran Pemrograman Untuk TOKI-Inggriani Liem and Yohanes Nugroho, TOKI Biro ITB-Temu OSN Pekanbaru Riau 2004
2. Learning Pascal - http://pascalprogramming.byethost15.com/index.php
3. Tutorial Pascal - http://www.learn-programming.za.net/programming_pascal_learn01.html Pascal Wikipedia - http://en.wikipedia.org/wiki/Pascal_%28programming_language%29
4. Free Pascal Tutorial - http://www.freebyte.com/programming/pascal/
5. Pascal - http://www.ping.de/sites/systemcoder/pascalpr.htm
6. Kumpulan Hasil Pemrograman Turbo Pascal Versi 1.5. - http://ilmukomputer.org/2008/09/01/kumpulan-program-pascal
7. Kumpulan Hasil Pemrograman Pascal - http://ilmukomputer.org/category/pemrograman-pascal/
8. http://ramsyamsulyulias.blogspot.com/2010/06/ahli-matematika-yang-berfikir-secara.html
9.

********************************************************************
*** English Version***

1. Essence of Learning Programming are learning about problem solving strategies, methodologies (history) and it systematics, then poured it in an algorithmic notation (1, 2) a mutually agreed upon namely Programming Experts (1, 2) is armed with Mathematical Sciences Reliable (1, 2 .).
2. Essentially, the use of computers to solve problems is to not repeat the same mistakes in completing programming.
3. Programming methodology also needs to be taught as primarily most of Programmer in the end will use a program that has ever made or written by others rather than having to disassemble the plug on programs that already exist. Therefore, should the approach used in Teaching Programming, namely:
* Introduction of the problem via decomposition strategy
* Use an existing module back
* Synthesis
4. Learn Programming Languages differ with Learning or Learning programming. Learn more Programming: Skills Comprehension Issues, Analysis, and Synthesis. with emphasis on Teaching Pemprogramannya is to form a Designer (Designer) Program. While Learning Programming Language or Learning Programming are: Education (use of a language; Rules of syntax / grammar; Any existing instruction, the compiler or the operating procedure of the relevant language interpreters at a particular machine, and utilize all the instructions and tips that can be used-Specific only in that language) with Teaching programming language is to form a "Coder (Interpreter Code)".
5. Proses Programming is a process that requires expertise / skills.
6. Coding process is a process of semi-automatic with the encoding rules. In practice, a design must be coded for execution by the machine.
7. Programming Process should end up in concrete in the form of programs written and executed in Target Language. Therefore, forcing students to work only on paper, then analyze and make sepesification without the ever-RUN PROGRAM really not justified. In contrast, only just print directly only programmer who plays keyboard and mouse to type a program and executed without analysis and sepesification which can be accounted for also not justified, particularly for Making Large Scale Program Must Much Do Many People.
8. Products produced by a programmer is a good program design and Systematic Methodological ie that can be executed by the machine to work properly, able to serve all possible inputs, and is supported by the documentation.
9. Therefore, Programming and Learning Language Learning Programming complementary (complementary) and can not be separated from each other.
10. Best method to learn anything is through EXAMPLE. A person who is learning, must learn through REAL EXAMPLE. With the obvious example is, then he could see, experience and do it.
11. Teaching methods used in the Course of Functional Programming is TEACHING BY EXAMPLE OF TYPICAL. A typical example is an example program that is a "pattern solution" of problem classes that can be finished with Procedural Programming Paradigm.
12. Learn Programming and Programming Languages Learning has difficulty levels and different. Pupils are often faced with two problems at once. Therefore, to be chosen, "Learning Language through software (Execution Tool) first, or Learning Solution Problems First?". In Roadmap TOKI, Teaching Language Pascal (software) is given prior to Problem Solving. Why is that? Because teaching is relatively easy and requires no special expertise / skills and provide a "grounded" than by learning How to Solve Problems (Learning to Solve Problems to Solve Problems).



Listen
Read phonetically
*** Indonesia Version ***

1. Intisari Belajar Memprogram adalah belajar tentang Strategi Pemecahan Masalah, Metodologi (Sejarahnya) dan Sistimatikanya, lalu menuangkannya dalam suatu Notasi Algoritmik (1, 2) yang disepakati bersama yakni Para Ahli Pemrograman (1, 2)yang berbekal Ilmu Matematika Yang Handal (1, 2).
2. Hakekatnya, pemakaian Komputer untuk memecahkan permasalahan adalah untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dalam menyelesaikan pemrograman.
3. Metodologi pemrograman juga perlu diajarkan karena terutama sebagaian besar Programmer pada akhirnya akan memakai program yang sudah pernah dibuat atau ditulis orang lain daripada harus bongkar pasang atas program yang sudah ada. Oleh sebab itu, sebaiknya seluruh pendekatan yang dipakai dalam Pengajaran Pemrograman yaitu :
* Strategi pengenalan permasalahan lewat dekomposisi
* Pemakaian kembali Modul yang ada
* Sintesa
4. Belajar Memprogram berbeda dengan Belajar Bahasa Pemrograman atau Belajar Pemrograman. Belajar Memprogram lebih bersifat : Ketrampilan Pemahaman Persoalan; Analisis; dan Sintesis. dengan titik berat Pengajaran Pemprogramannya adalah membentuk seorang Perancang (Designer) Program. Sedangkan Belajar Bahasa Pemrograman atau Belajar Pemrograman adalah : Belajar (memakai suatu Bahasa; Aturan sintaks/tata bahasa; Setiap instruksi yang ada; Tata cara pengoperasian kompilator atau interpreter bahasa yang bersangkutan pada mesin tertentu; dan memanfaatkan semua instruksi dan kiat yang dapat dipakai secara sepesifik hanya pada bahasa tersebut) dengan Pengajaran Bahasa Pemrogramannya adalah membentuk seorang "Coder (Juru Kode)".
5. Proses Memprogram adalah proses yang memerlukan kepakaran/keahlian.
6. Proses Coding merupakan proses semi otomatik dengan aturan pengkodean. Dalam prakteknya, suatu rancangan harus dapat dikode untuk dieksekusi dengan mesin.
7. Proses Memprogram harus berakhir secara konkrit dalam bentuk program yang ditulis dan dieksekusi dalam Bahasa Target. Oleh karena itu, memaksa siswa/mahasiswa hanya bekerja di atas kertas, lalu menganalisis dan membuat sepesifikasi tanpa pernah me-RUN PROGRAM sungguh tidak dibenarkan. Sebaliknya, hanya hanya mencetak Programmer yang hanya langsung memainkan Keyboard dan Mouse guna mengetik Program dan mengeksekusi tanpa analisis dan sepesifikasi yang dapat dipertanggungjawabkan juga tidak dibenarkan, terutama untuk Membuat Program Skala Besar dan Harus Banyak Dikerjakan Banyak Orang.
8. Produk yang dihasilkan oleh seorang Programmer adalah program dengan rancangan yang baik yakni Metodologis dan Sistematis yang dapat dieksekusi oleh Mesin dapat berfungsi dengan benar, sanggup melayani segala kemungkinan masukan, dan didukung dengan adanya Dokumentasi.
9. Oleh sebab itu, Belajar Pemrograman dan Belajar Bahasa Pemrograman saling melengkapi (komplementer) dan tidak mungkin dipisahkan satu sama lainnya.
10. Metode Terbaik untuk belajar apapun adalah melalui CONTOH. Seorang yang sedang belajar, harus belajar melalui CONTOH NYATA. Dengan adanya contoh nyata tersebut, maka dia bisa melihat, mengalami dan melakukannya.
11. Metode Pengajaran yang dipakai pada Perkuliahan Pemrograman Fungsional ini adalah PENGAJARAN MELALUI CONTOH TIPIKAL. Contoh Tipikal adalah contoh program yang merupakan "POla Solusi" dari kelas-kelas persoalan yang dapat diswelesaikan dengan Paradigma Pemrograman Prosedural.
12. Belajar Memprogram dan Belajar Bahasa Pemrograman memiliki tingkatan dan kesulitan yang berbeda-beda. Murid seringkali dihadapkan pada kedua kesulitan itu sekaligus. Oleh karena itu, harus dipilih ,"Belajar Bahasa lewat Softwarenya (Alat Eksekusi) dulu, ataukah Belajar Pemecahan Pewrsoalan Terlebih dahulu ?". Pada Riadmap TOKI, Pengajaran Bahasa Pascal (Softwarenya) diberikan terlebih dahulu sebelum Problem Solving. Mengapa demikian ? Karena pengajaran ini relatif lebih mudah dan tidak memerlukan kepakaran khusus/keahlian dan memberikan gambaran yang "MEMBUMI" dibandingkan dengan belajar Cara Memecahkan Persoalan (Belajar Memecahkan Persoalan Untuk Memecahkan Persoalan).

0 komentar: